Saturday 2 November 2013


Hujan yang berlangsung selama tak lebih dari satu jam di indralaya sore hari tadi, ternyata meninggalkan banyak noda di gang lampung 2 yang merupakan salah satu gang yang ada di kota santri itu. Gang Lampung 2 yang begitu asri dengan cepat berubah menjadi lorong yang menjijikkan.

Sumber : Jalan Gang Lampung 2
Gang lampung di kota ini terbagi menjadi 2, gang lampung 1 dan gang lampung 2. Namun, gang yang sering digenangi air apabila berlangsung hujan adalah gang lampung 2. Keberadaan kota indralaya yang berada di kawasan rawa-rawa ternyat berdampak juga pada gang ini yang notabenenya banyak dihuni oleh mahasiswa.  Kondisi ini semakin diperparah dengan rekonstruksi jalanan yang asal-asalan. Jalan yang ada di gang ini hanya dilapisi batu-batu seadanya, maka tak jarang genangan air dan “becek” akan kita temui disepanjang gang ini. Salah satu penghuni kost yang ada di gang lampung 2, sebut saja Vai (bukan nama asli) saat dimintai keterangan akan hal ini mengatakan bahwa, bila terus seperti ini ia akan pindah tahun depan karena kondisi ini sangat merugikan baginya. “aduh kak, pening palak aku. Tiap hujan pasti kontrakan aku ni banjir. Sudahlah tahun depan aku pindah lah” tuturnya saat sedang berbenah.

Berdasarkan dari catatan tim tabirr selama 1 tahun belakang  ini, ternyata sudah empat kali terjadi banjir. Pertengahan bulan 3 dengan situasi biasa, awal juni cukup parah, akhir agustus sedang, dan sekarang awal november sangat parah.

Minimnya kesadaran penghuni yang ada di gang ini merupakan faktor utama masalah banjir. Tidak adanya lagi semangat gotong royong, pembersihan dan kerjasama antar masyarakat sekitar sepertinya telah menjadi lumrah yang tak perlu diubah. Disaat seperti ini seharusnya masyarakat sekitar sadar, terutama para pemilik kos-kosan yang setiap tahun terus dialiri uang. Tak ada salahnya menyisihkan sedikit uang hasil kos-kosan untuk digabungkan dengan pemilik kosan yang lain guna menjaga keasrian gang ini. []

7 komentar

Pindah be putraa, gang buntu pleaseeee :D

REPLY

hha, gang buntu lah basi yol :D

REPLY

namanya gang buntu, airnya jadi mandek :D

REPLY

Susu coklat berlamburan :))

REPLY

@angga : iya bro. . .buntu = mandek haha :D

REPLY

@sakalvin : kalau susu coklat, mantap.. tp ini becek sob. . :(

REPLY

apodio aii,, gang lampung cak itu terus.. basinglah nak hujan ato apo haha

REPLY

Berikan komentar terbaikmu :)

Peradaban Muda . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates